Rabu, 23 Februari 2011

"Konvergensi dan Harmonisasi"

Nama : Eka Thecia M. Sitio
NPM : 21207316
Dosen : Masodah. Dr

Dua istilah yang belum pernah saya dengar sebelumnya, setelah belajar akuntansi internasional oleh ibu Masodah, saya baru tahu kalo Konvergensi dan Harmonisasi adalah istilah yang sangat sering didengar dan disebutkan.
Dalam kaitannya dengan standar internasional, terdapat beberapa macam langkah yang dilakukan oleh banyak negara sehubungan dengan perbedaan dengan standar yang mereka buat sebelumnya. Secara garis besar langkah-langkah yang dapat diambil tersebut dapat dibagi menjadi konvergensi dan harmonisasi.

1. Konvergensi

Dalam standar akuntansi dan dalam konteks standar internasional berarti nantinya ditujukan hanya akan ada satu standar. Satu standar itulah yang kemudian berlaku menggantikan standar yang tadinya dibuat dan dipakai oleh negara itu sendiri. Sebelum ada konvergensi standar biasanya terdapat perbedaan antara standar yang dibuat dan dipakai di negara tersebut dengan standar internasional. Konvergensi standar akan menghapus perbedaan tersebut perlahan-lahan dan bertahap sehingga nantinya tidak akan ada lagi perbedaan antara standar negara tersebut dengan standar yang berlaku secara internasional.Sedangkan,

2. Harmonisasi

Merupakan proses untuk meningkatkan komparabilitas (kesesuaian) praktik akuntansi dengan menentukan batasan-batasan seberapa besar praktik-praktik tersebut dapat beragam. Secara sederhana pengertian harmonisasi standar akuntansi dapat diartikan bahwa suatu negara tidak mengikuti sepenuhnya standar yang berlaku secara internasional. Negara tersebut hanya membuat agar standar akuntansi yang mereka miliki tidak bertentangan dengan standar akuntansi internasional. Harmonisasi fleksibel dan terbuka sehingga sangat mungkin ada perbedaan antara standar yang dianut oleh negara tersebut dengan standar internasional. Hanya saja diupayakan perbedaan dalam standar tersebut bukan perbedaan yang bersifat bertentangan. Selama perbedaan tersebut tidak berlawanan standar tersebut tetap dipakai oleh negara yang bersangkutan.


1 komentar:

  1. dalam buku frederick choi ttg international acc, menjelaskan tg perbedaan tsb. mungkin bisa dibaca lagi disana jelas sekali perbedaan antara harmonisasi dengan konfergensi.

    BalasHapus